Kamis, 05 Juli 2007

Vegetarian Anda?

Apa Tipe Vegetarian Anda?


Jika Anda adalah pecinta daging, tentu Anda akan bingung mengapa ada orang yang tidak mau menikmati daging seumur hidupnya. Mengapa ada orang yang mau menjadi vegetarian?

Salah satu alasan mengapa para vegetarian tidak memakan daging adalah mereka ingin membuat pernyataan bahwa membunuh hewan hanya dengan tujuan untuk dinikmati, terlepas dari jenis hewan apa yang dimakan, merupakan suatu tindakan yang salah.

Contoh lain yang menjadikan seseorang menjadi vegetarian adalah tindakan kejam yang terjadi di peternakan, seperti di pabrik yang memproduksi hewan secara massal. Hewan yang di peternakan (misalnya: ayam) bahkan tidak pernah melihat langit. Mereka hanya melihat ribuan ekor ayam yang ada di sekitarnya. Kaum vegetarian memandang ini sebagai tindakan yang kejam dalam memperlakukan makhluk hidup.

Meskipun begitu, tidak semua produk hewani ditolak oleh kaum vegetarian. Ada penganut vegetarian yang masih mau memakan susu sapi, telur ayam, atau memakai pakaian kulit.

Tipe vegetarian ternyata ada beberapa macam, yaitu:

Vegetarian murni: orang yang menerapkan pola makan hanya berasal dari tumbuhan saja. Mereka menghindari segala bentuk daging dan produk hewani lainnya, seperti telur dan susu.

Lacto-vegetarian: orang yang menerapkan pola makan produk tumbuhan ditambah dengan produk susu.

Lacto-ovovetarian: orang yang menerapkan pola makan yang terdiri dari produk tumbuhan dengan tambahan ayam atau ikan, susu, dan telur. Yang mereka hindari adalah daging merah.

Vegan: orang-orang ini selain hanya menerapkan pola makan yang menghindari semua produk hewani, juga menghindari memakai segala sesuatu yang dihasilkan oleh binatang seperti sepatu kulit, sutra, dan lainnya.


Menurut The American Dietetic Association, pola makan vegetarian ternyata mencukupi bagi kebutuhan asupan nutrisi. Meskipun begitu, anak-anak atau remaja yang ingin menerapkan pola makan vegetarian membutuhkan perencanaan khusus karena ada zat-zat gizi tertentu yang sulit didapatkan jika menganut pola makan menghindari daging. Zat-zat gizi yang cukup sulit ditemukan dalam pola makan vegetarian adalah vitamin B12, protein, vitamin B6, vitamin D, kalsium, seng, dan zat besi.

Namun, jika penganut vegetarian tidak bisa mendapatkan zat gizi yang cukup dalam makanan, mereka bisa mengkonsumsi suplemen-suplemen yang mengandung zat gizi tertentu.

Tidak ada komentar: