Sabtu, 07 Juli 2007

Hipertensi pada Obesitas

Hipertensi pada Obesitas

Mereka yang mempunyai berat badan berlebih hingga kegemukan, hipertensimerupakan suatu hal yang umum diderita. Demikian dari hasil penelitian terhadap 3.216 pasien yang mengunjungi klinik hipertensi d Amerika Serikat.

Dari 3.216 pasien tersebut, 35 pasien diantaranya mempunyai berat badan kurang, 1.057 pasien mempunyai berat badan normal, 1.299 mempunyai berat badan berlebih dan 825 orang yang mempunyai berat badan gemuk. Mereka ini semua dimonitor dan dicatat ukuran tekanan darahnya selama 24 jam. Mereka ini semua belum pernah diberikan obat penurunan tekanan darah.

Hasilnya menunjukkan, tekanan darah meningkat secara bermakna dengan peningkatan dari Indeks Massa Tubuh (IMT). IMT merupakan suatu ukuran yang didapat dari perbandingan antara berat badan (dalam kilogram) dengan tinggi badan kuadrat (dalam meter). Bila hasil IMT antara 23-25,9 menunjukkan berat badan berlebih, sedang di atas 26 menunjukkan obesitas (kegemukan).

Mereka yang mempunyai berat badan gemuk, akan mengalami tekanan darah yang lebih tinggi selama 24 jam pengawasan, dibanding dengan mereka yang mempunyai berat badan normal. Peningkatan tekanan darah ini ditemukan sepanjang hari, termasuk juga di malam hari. Apalagi ditambah, tekanan darah selama malam hari sama tingginya dengan di siang hari pada mereka yang mempunyai berat badan berlebih hingga kegemukan. Seharusnya, di malam hari, tekanan darah mengalami penurunan, bila tekanan darah tetap tinggi, keadaan ini dapat menyebabkan gangguan pada jantung.

Kegemukan memicu terjadinya tekanan darah tinggi, merupakan suatu keadaan yang paling bermakna dalam memicu terjadinya hipertensi pada diri seseorang. Dan dengan mempunyai berat badan ideal, merupakan tindakan utama dalam mengatasi hipertensi, yang di kemudian hari dapat menyebabkan komplikasi pada jantung seperti gagal jantung.

Risiko penyakit jantung pada pasien kegemukan dengan hipertensi dapat diatasi dengan menurunkan berat badan yang berlebih, mempunyai pola hidup sehat dan dengan obat anti hipertensi.

Tidak ada komentar: