Jumat, 06 Juli 2007

Hati-hati Dengan Pengobatan Alternatif

Hati-hati Dengan Pengobatan Alternatif

Badan Kesehatan Dunia (WHO) memberi peringatan untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan pengobatan alternatif, dari pengobatan akupunktur hingga tanaman obat dan makanan suplemen. Hal ini sehubungan dengan semakin banyak laporan tentang efek samping dan reaksi fatal dari pengobatan tradisional ini.

WHO juga memberikan bantuan informasi kepada konsumen di negara-negara, informasi yang dapat dipercaya sebelum mereka membeli obat itu secara bebas dan tanpa menanyakannya terlebih dahulu kepada dokter.

Obat tradisional yang sering diklaim 'baik', bukan berarti baik untuk semua orang dan dapat dikonsumsi setiap saat dalam jumlah banyak. Dan obat tradisional yang berasal dari alam, bukan berarti tidak mempunyai efek samping dan aman untuk digunakan.

Beberapa saat yang lalu, Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) telah menarik makanan suplemen yang mengandung efedra atau Ma Huang. Di Cina, bahan alami ini digunakan untuk menyembuhkan batuk.

Tahun 2002, di Cina telah dilaporkan adanya efek samping obat-obat tradisional sebanyak 9.854 kasus, meningkat dua kali lipat dibanding tahun 1990. Beberapa penelitian di beberapa negara juga telah menemukan adanya kandungan bahan logam berat yang beracun bagi kesehatan. Ada juga yang mengandung narkotika yang menyebabkan ketergantungan pada produk obat tersebut.

Tidak ada komentar: