Jumat, 06 Juli 2007

Hindari Merokok Sambil Mengopi

Hindari Merokok Sambil Mengopi

Merokok sambil minum kopi, untuk beberapa pria merupakan hal yang menyenangkan. Tapi sebaiknya kebiasaan itu segera dihilangkan. Karena merokok dan minum kopi yang dilakukan bersamaan, akan merusak jantung lebih berat dibandingkan merokok saja atau minum kopi saja.

Menurut peneliti dari Yunani, kedua kebiasaan buruk itu akan bekerja secara sinergistik, saling menguatkan efek buruk terhadap jantung, mempengaruhi pembuluh darah arteri jantung dan aliran darah dari pembuluh darah arteri.

Penelitian dilakukan dalam dua tahap yaitu pertama untuk melihat efek samping langsung akibat merokok dan efek samping jangka panjang dari 160 orang. Dari tiap tahap akan dievaluasi kekakuan dari pembuluh darah aorta yaitu pembuluh darah arteri utama dari jantung yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, serta aliran darah yang mengalir dalam pembuluh darah arteri.

Dalam penelitian untuk melihat efek samping langsung, terlihat pengaruh buruk pada jantung dari kedua kebiasaan buruk itu lebih besar daripada efek salah satu kebiasaan buruk saja. Sedang penelitian untuk jangka panjang, terlihat kedua kebiasaan buruk itu akan meningkatkan tekanan darah dan risiko untuk mengalami serangan jantung.

Oleh karena itu para ahli menganjurkan untuk tindakan awal dalam mencegah penyakit jantung adalah berhenti merokok. Dan bagi mereka yang mempunyai kebiasaan merokok sambil menghirup secangkir kopi, sebaiknya segera dihentikan kebiasaan tersebut. Walaupun saat ini belum terlihat efek pada jantung, tapi bila kebiasaan ini terus dilakukan, akan dapat mengakibatkan menderita penyakit jantung.

Tidak ada komentar: