Jumat, 06 Juli 2007

Hipertensi Mengancam Dunia

Hipertensi Mengancam Dunia

Mereka yang menderita Hipertensi (tekanan darah tinggi), saat ini semakin banyak. Diperkirakan 20 tahun dari sekarang, penderita Hipertensi akan mencapai lebih dari 1,5 milyar orang. Ini berarti dibanding tahun 2000, terjadi peningkatan hingga 60%.

Dugaan ini berdasarkan dari data global selama dua dekade. Data ini diteliti karena Hipertensi merupakan faktor risiko untuk sejumlah penyakit membahayakan seperti penyakit jantung, stroke dan penyakit ginjal.

Di tahun 2000 saja, sebanyak 26% orang dewasa menderita Hipertensi. Jasi sekitar 972 juta orang yang mengalaminya. Dan angka ini semakin meningkat tajam. Diperkirakan di tahun 2025, sekitar 29% orang dewasa di seluruh dunia yang menderita Hipertensi, dimana penderitanya sedikit lebih banyak pada kaum wanita (30%) dibanding kaum pria (29%).

Peningkatan ini terutama terjadi di negara-negara berkembang. Diperkirakan sekitar 80% kenaikan kasus Hipertensi terjadi terutama di negara-negara berkembang di tahun 2025. Dari sejumlah 639 juta kasus di tahun 2000, diperkirakan menjadi 1,15 milyar kasus di tahun 2025.

Prediksi ini didasarkan angka penderita Hipertensi saat ini dan pertumbuhan penduduk yang diduga akan terjadi. Jika angka kasus baru Hipertensi ternyata meningkat lebih tinggi dari yang diduga semula, maka jumlah penderita itu akan lebih tinggi lagi dari yang diduga semula.

Oleh karena itu, diperlukan usaha dari setiap orang untuk mencegah penderita Hipertensi semakin meningkat. Diperlukan usaha pencegahan, deteksi dini, pengobatan dan kontrol dari masing-masing orang terhadap tekanan darahnya. Perubahan gaya hidup diperlukan untuk menurunkan prevalensi dari Hipertensi.

Tidak ada komentar: