Sabtu, 07 Juli 2007

Kedelai Ganggu Kesuburan Pria

Kedelai Ganggu Kesuburan Pria

Hati-hati jika Anda (kaum pria) sering mengonsumsi makanan yang berbahan baku kedelai. Pasalnya bahan kimia yang terdapat pada kedelai, tofu, dan kacang polong berpotensi untuk menghancurkan sperma sehingga mengganggu kesuburan pria.

Para peneliti dari King College, Inggris menjelaskan bahwa kedelai mengandung genistein yang efeknya menyerupai hormon estrogen pada wanita. Hasil itu diperoleh dari penelitian pada sperma tikus, yang menjelaskan juga bahwa hal tersebut berakibat yang sama bagi sperma manusia.

Pada tes di laboratorium, ditemukan genistein dalam jumlah yang kecil sudah dapat mematikan sperma manusia. Sperma manusia ternyata lebih responsif terhadap genistein dibandingkan sperma tikus. Selain itu, bila wanita mengonsumsi kedelai atau makanan yang mengandung genistein tinggi, kemungkinan mereka memiliki dampak yang lebih besar dibandingkan pria karena zat kimia tersebut mempengaruhi sperma yang sudah ada di tubuh wanita ketika sperma sedang membuahi sel telur.

Dari hasil penelitian itu, maka dianjurkan bagi penggemar kedelai untuk membatasi konsumsinya beberapa hari selama masa ovulasi. Namun, meskipun selama ini tradisi orang Asia kebanyakan mengonsumsi makanan kedelai, mereka tidak pernah menunjukkan adanya gangguan pada fertilitas.

Tidak ada komentar: