Jumat, 06 Juli 2007

Hati-hati Konsumsi Obat Flu Pseudoefedrin

Hati-hati Konsumsi Obat Flu Pseudoefedrin

Laporan kasus terbaru dari the Annals of Emergency Medicine, melaporkan akan adanya bahaya penggunaan obat flu yang dijual bebas, yang mengandung Pseudoefedrin. Karena dapat menyebabkan serangan jantung pada orang muda yang sehat.

Kejadian ini terjadi di Boston, Amerika Serikat, pada seorang pria yang berusia 32 tahun, yang mengalami nyeri dada hebat setelah 45 menit mengkonsumsi 2 tablet obat flu yang dijual bebas, yang mengandung Pseudoefedrin dan Parasetamol. Ternyata setelah diperiksa, pria ini mengalami serangan jantung akut, dengan kerusakan pada otot-otot jantungya.

Sebelum kejadian ini, pria ini mempunyai kesehatan yang baik. Dari hasil kateterisasi jantung juga memperlihatkan pembuluh darah koroner jantung juga dalam keadaan normal, dan tidak ada riwayat penyakit jantung atau kematian mendadak dalam keluarga.

Dengan adanya laporan ini, sebaiknya setiap orang berhati-hati dalam mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung Pseudoefedrin. Sebelumnya juga telah diberitakan, dari golongan obat yang sama, efedrin juga telah diberitakan berisiko menyebabkan penyakit jantung.

Efek samping obat merupakan masalah yang paling sering dijumpai dalam penggunaan obat dan merupakan satu dari 10 penyebab kematian terbanyak di Amerika. Dan obat Pseudoefedrin merupakan 4 obat bebas tersering yang digunakan, hanya dapat ditandingi oleh obat penghilang nyeri.

Tidak ada komentar: