Kamis, 05 Juli 2007

Bahan Kimiawi Ada Dalam Darah

Bahan Kimiawi Ada Dalam Darah

Bahaya penggunaan bahan kimiawi dalam lingkungan kita sehari-hari perlu mendapat perhatian secara serius. Dan korban yang paling menderita tentunya anak-anak dan orang lanjut usia, sebagai kelompok yang rentan. Dan ini dibuktikan dengan hasil pemeriksaan darah yang dilakukan di Inggris.

Pemeriksaan darah ini dilakukan terhadap 33 orang sukarelawan yang berusia 9 - 88 tahun, untuk melihat apakah ada 104 bahan kimiawi yang dibuat oleh manusia di dalam darah merek. Hasilnya, 80 jenis bahan kimiawi terdeteksi. Pada anak-anak ditemukan 75 jenis bahan kimiawi dalam darahnya, pada orangtua 75 jenis juga dan pada orang berusia lanjut ditemukan 56 jenis.

Jenis bahan kimiawi yang ditemukan dalam darah antara lain, Perfluorinated yang ditemukan pada 82% sukarelawan yang diperiksa darahnya, DEHP - yang terdapat dalam bahan-bahan plastik, terdapat pada lebih dari tiga perempat dari sukarelawan, PCBs dan DDE - yang merupakan pemecahan dari insektisida DDT, brominated flame-retardants - yang digunakan dalam perabot dan televisi dan perfluorinated - yang dipakai dalam wajan anti lengket.

Hasil ini sangat mengkhawatirkan karena kita belum mengetahui bagaimana efek yang ditimbulkan bagi kesehatan pada paparan yang terjadi terus menerus dalam jangka panjang.

Tidak ada komentar: