Sabtu, 07 Juli 2007

Manajemen Metabolisme

Manajemen Metabolisme

Tubuh gemuk, kurus, sehat, sakit, kuat atau lemas, itu semua adalah hasil dari kerja metabolisme. Metabolisme merupakan proses perubahan secara fisik dan kimiawi dalam jaringan maupun sel tubuh untuk mempertahankan hidup dan pertumbuhannya. Secara sederhana, metabolisme berarti mengubah nutrisi dari makanan menjadi energi melalui serangkaian reaksi kimia di dalam tubuh.

Karena merupakan suatu reaksi kimia, maka reaksi ini bisa berlangsung cepat ataupun lambat. Semakin cepat terjadinya proses metabolisme, maka semakin banyak energi yang dihasilkan dari proses pembakaran kalori tubuh. Namun, semakin lambat proses metabolisme, maka kalori yang diubah menjadi energi akan lebih sedikit. Cepat lambatnya proses metabolisme akan mempengaruhi kecepatan naik turunnya berat badan. Oleh karena itu, jika dapat mengendalikan metabolisme, maka Anda dapat mengendalikan berat badan.

Faktor pengendali kecepatan metabolisme

Usia

Anda yang berusia di atas 30 tahun mungkin akan heran, mengapa dengan pola makan yang sama dengan saat Anda berusia 20 tahun atau saat Anda remaja, tapi tubuh Anda menjadi mudah gemuk? Jawabannya adalah karena metabolisme. Kecepatan metabolisme memang berkurang sejalan dengan bertambahnya usia.

Jenis kelamin

Wanita memiliki metabolisme yang lebih rendah daripada pria. Rata-rata pria memiliki proporsi tulang, organ, dan otot yang lebih besar dibandingkan wanita. Jadi tak heran jika metabolisme pria pun lebih besar.

Komposisi tubuh

Orang dengan berat badan normal dan memiliki banyak otot mempunyai metabolisme yang lebih tinggi dibandingkan orang gemuk yang memiliki banyak lemak.

Iklim

Orang yang hidup di daerah tropis memiliki metabolisme 10% lebih rendah dibandingkan orang yang hidup di daerah sub tropis.

Gizi

Keadaan gizi buruk yang berkepanjangan akan mengurangi metabolisme 10-20%.

Tidur

Saat kita tidur, metabolisme akan 5% lebih rendah dibandingkan saat bangun.

Demam

Karena panas dapat mempercepat suatu reaksi kimia, apabila tubuh sedang demam, maka kecepatan metabolisme akan meningkat. Salah satu tujuan dari meningkatnya metabolisme adalah untuk mempercepat perbaikan sel-sel yang rusak dan mempercepat proses penyembuhan.

Hormon dan obat-obatan

Ada hormon dan obat-obatan yang bekerja untuk mempercepat metabolisme, namun ada juga yang bekerja memperlambat metabolisme.

Aktivitas fisik

Semakin banyak dan semakin berat aktivitas seseorang, maka akan semakin tinggi pula metabolismenya.

Tidak ada komentar: