Kamis, 05 Juli 2007

Brokoli

Brokoli

Brokoli Mencegah Stroke, Menangkal Kanker

Sayuran bernama Brassica Oleracea Var italica ini menyimpan kandungan lemak, protein, karbohidrat, serat, air, zat besi, kalsium, mineral, dan bermacam vitamin (A, C, E, Vitamin, ribofalvin, nikotinamide). Istimewanya, sayuran yang mengandung sulforafan, sebuah senyawa pencegah penyakit kanker. Tidak heran bila brikoli dinobatkan sebagai tanaman obat.

Dr. Setiawan Dharlimantha, dalam bukunya yang berjudul ‘Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Jilid 2’ menyatakan brokoli berkhasiat mempercepat penyembuhan penyakit serta mencegah dan menghambat perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh. Terutama penyakit kanker yang berkaitan dengan hormon, seperti kanker payudara pada wanita, dan kenker prostat yang mengancam pria.

Manfaat lain, brokoli mampu mencegah serangan Stroke. ini terbukti melalui penelitian yang dilakukan tim epidemologi dari harvard University. Tanaman yang cocok tumbuh di dataran tinggi ini sangat baik dikonsumsi penderita kencing manis. Kandungan chromium dan seratnya dapat mengatur kadar gula darah. Brokoli memperkuat sel-sel tulang. Mengkonsumsinya sejak muda, mencegah penyakit pengeroposan tulang (osteoporosis) di usia tua.

Brokoli berkasiat pula menghadang penyakit kulit seperti abses atau bisul. Nah, bila anda rentan terkena infeksi kulit, tak usah ragu, perbayaklah menyantap brokoli.

Resep Obat Brokoli
Untuk pengobatan atau mempercepat kesembuhan, brokoli bisa disantap sebagai sayuran tersendiri atau dimasak bersama sayuran lain. Untuk mendapatkan khasiat brokoli secara optimal, dianjurkan mengolahnya dengan cara blansir (rebus sebentar) atau dikonsumsi dalam bentuk jus.

  • Mempercepat Penyembuhan Penyakit
    sediakan brokoli ukuran sedang. Potongan-potongan seperlunya. Kemudian cuci sampai brsih. Masak air, Setelah air mendidih, blansir brokoli selama 2 menit. Setelah itu angkat dan tiriskan. Brokoli siap disantap bersama nasi. (Catatan : Jangan rebus brokoli terlalu lama, karena bisa merusak khasiatnya).

  • Mencegah Nyeri Haid
    Santap brokoli yang telah diblansir atau dalam bentuk jus sejak 3 hari menjelang haid sempai haid berakhir.

  • Membuat Jus Brokoli
    Setelah brokoli di Blansir, angkat, lalu siram dengan air dingin (air es). Kemudian tiriskan. Blender brokoli dengan air matang secukupnya. Minum jus brokoli bersama seratnya.

Tidak ada komentar: