Kamis, 05 Juli 2007

Bahaya Lemak Trans Pada Otak

Bahaya Lemak Trans Pada Otak

Mungkin banyak yang belum tahu akan lemak trans dan bahayanya bagi kesehatan. Di Amerika sendiri, bahaya lemak trans sudah mulai kencang dihembuskan. Beberapa produsen makanan terutama makanan siap saji, juga mulai memperhatikan kandungan lemak trans yang ada dalam produknya.

Setelah diketahui akan bahayanya bagi kesehatan yaitu meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, kini bertambah satu lagi bahayanya bagi kesehatan, yaitu dapat menurunkan daya ingat dan proses belajar. Demikian yang terlihat dari penelitian terhadap sekelompok tikus yang diberikan makanan yang mengandung 10% minyak kelapa terhidrogenasi, yaitu lemak trans yang umum dipakai. Sekelompok tikus lainnya diberikan makanan yang sama tapi mengganti minyak kelapa dengan minyak kedelai, yang bukan merupakan lemak trans.

Setelah 6 minggu, kedua kelompok tikus itu diberikan test untuk melalui jaringan jalan yang rumit. Kelompok tikus yang diberi minyak kelapa melakukan banyak kesalahan, terutama untuk test yang memerlukan lebih banyak pemikiran.

Kemungkinan lemak trans memberikan pengaruh dengan merusak protein pada otak yang berfungsi dalam mengirimkan dan menerima signal. Pada tikus yang mengkonsumsi minyak kelapa ditemukan protein tersebut dalam jumlah yang jauh lebih sedikit. Perusakan protein tersebut terjadi sebagai akibat meningkatnya peradangan dalam otak.

Tidak ada komentar: