Jumat, 06 Juli 2007

Dua Gelas Kopi Sehari Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Dua Gelas Kopi Sehari Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Bagi penggemar kopi, minuman hitam pekat ini merupakan minuman yang 'wajib' diminum setiap harinya. Bila tidak minum sehari saja, pasti merasa ada sesuatu yang kurang dan kerjapun menjadi kurang bersemangat. Belum lagi efek withdrawl yang dapat terjadi. Walaupun begitu, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsinya lebih dari segelas sehari karena dapat menyebabkan risiko yang merugikan bagi kesehatan Anda nantinya.

Mengkonsumsi kopi yang lebih dari segelas sehari akan meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami peradangan pada pembuluh darah jantungnya. Hal ini terlihat pada 3.000 orang yang diteliti di Yunani. Mereka mengkonsumsi lebih dari 200 ml kopi perhari dan terjadi peningkatan 30% kadar CRP (C-reactive protein) dalam darah dan jumlah sel darah putihnya (Lekosit) meningkat 3%. CRP dan Lekosit merupakan tanda adanya suatu peradangan atau inflamasi dari pembuluh darah jantung. Dimana peradangan ini akan meningkatkan risiko seseorang untuk menderita serangan jantung.

Jadi jagalah jantung Anda dengan cukup mengkonsumsi segelas kopi sehari, jangan tambah lagi. Karena gelas kedua akan meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung.

Tidak ada komentar: