Jumat, 06 Juli 2007

Daftar Bahan Penyebab Kanker

Daftar Bahan Penyebab Kanker

Daftar bahan-bahan yang dapat menyebabkan kanker tercantum dalam laporan tahunan ke sebelas: "Report on Carcinogens" yang dikeluarkan oleh Department of Health and Human Services (HHS) Amerika Serikat. Laporan ini setiap dua tahun sekali akan mengalami revisi.

Untuk pertama kalinya, virus dimasukkan dalam daftar ini. Virus-virus tersebut antara lain virus Hepatitis B, C, yang dapat menyebabkan kanker hati dan human papillomaviruses (HPV), penyebab kanker serviks (mulut rahim) pada wanita. HPV merupakan penyebab penyakit hubungan seksual, yang dikenal dengan kutil kelamin.

Anggota baru lainnya dalam daftar ini adalah sinar ronsen (x-rays ), radiasi gamma dan neutrons. Paparan dari sinar ronsen, dan radiasi gamma berhubungan erat dengan terjadinya leukemia (kanker darah), kanker tiroid, paru dan payudara.

Jenis kanker ini tergantung dari usia saat paparan ini terjadi. Misalnya, paparan pada anak-anak akan berisiko menyebabkan leukemia dan kanker tiroid. Sedang pada masa reproduktif, berhubungan dengan risiko untuk terjadinya kanker payudara, dan paparan pada usia lanjut berhubungan dengan kanker paru.

Bahan-bahan lainnya yang termasuk dalam daftar ini antara lain:

  • Dari bahan-bahan kimia industri, termasuk dalam daftar meliputi naphthalene, yaitu suatu bahan yang dipakai dalam kapur barus, pewangi toilet. Dalam penelitian terhadap hewan, inhalasi dari bahan ini dapat menyebabkan tumor hidung dan paru.
  • Timbal dalam baterai dan selubung kabel, dan senyawa Timbal ditemukan dalam keramik, gelas, cat, bahan bakar dan sebagainya. Paparan dari timbal ini berhubungan dengan kenaikan sedikit risiko untuk kanker paru dan lambung.
  • Senyawa amino heterosiklik (MeIQ, MeIQx, and PhIP), yang terbentuk dari hasil pembakaran atau memasak telur dan daging dalam suhu tinggi. Senyawa ini juga ditemukan dalam rokok. Penelitian pada hewan menunjukkan, senyawa ini berisiko untuk menyebabkan kanker di banyak organ seperti lambung, usus besar, rongga mulut, hati, kulit dan usus kecil. Penelitian pada manusia, terjadi peningkatan risiko kanker usus besar dan payudara yang dihubungkan dengan konsumsi makanan yang digoreng atau dipanggang sehingga terbentuk senyawa tersebut.

Untuk mengetahui secara lengkap daftar bahan penyebab kanker dapat dilihat pada situs http://ntp.niehs.nih.gov/ntp/roc/toc11.html

Tidak ada komentar: