Selasa, 23 Desember 2008

Buka Site Multiply Dari Hp

Akses WAP via HP

Setelah sukses dengan konfigurasi wap di SE K700i baru-baru ini. Akhirnya mulai rajin deh nge-browsing situs-situs wap. Perlu diketahui terlebih dahulu, apa itu WAP dan bagaimana implementasinya di dunia ponsel. Menurut Wikipedia, WAP (Wireless Apliccation Protokol) adalah

standar internasional terbuka untuk aplikasi yang menggunakan komunikasi nirkabel. Tujuan utamanya untuk membangun aplikasi yang dapat mengakses internet dari telepon genggam atau PDA.

Teknologi WAP memungkinkan kita untuk tergabung dalam jaringan internet dengan peralatan yang lebih ringkas dari komputer (sekelas PC lah, umumnya). Cukup dengan ha-pe atau PDA yang mendukung GPRS dan memiliki WAP Browser kita sudah bisa surfing, coy. Artinya keterbatasan perangkat seperti kemampuan CPU yang rendah, memori yang kecil, display yang terbatas, catudaya yang minimal dan juga input device yang berbeda, tidak lagi menjadi penghalang.

Informasi yang dikirimkan melalui WAP menggunakan format WML. Format ini mirip HTML namun lebih ringan dan simple. WML cenderung mengutamakan teks ketimbang grafis. Yah, gak lepas dari kondisi bandwith ponsel yang hanya berkisar 9,6 Kbs.

Seiring dengan tersedianya ponsel yang mendukung WAP dengan harga murah dan juga bermunculannya situs-situs WAP, maka perkembangan WAP akan menjadi trend dalam era informasi ini. Banyak hal yang dapat dilakukan orang dengan teknologi WAP ini mulai dari mengakses situs internet, mengirim atau menerima e-mail, sampai mengecek jadwal atau hasil akhir pertandingan bola kaki. Tentunya banyak kegunaan lainnya, tapi berhubung yang pernah aku kerjakan seputar contoh-contoh di atas, cukup sampai disitu.

Ini beberapa situs berbasis wap yang sudah pernah aku akses, layanannya gratis ;-)
Cukup ketikkan link yang ditebalin ke browser wap kamu.

  • Asian Bookie : wap.asianbookie.com <– neh buat yang candu bola
  • Google : mobile.google.com <– one-stop-access buat semua layanan Google
  • Multiply : multiply.com/m <– yang udah kenal multiply, bisa posting content dari sini
  • Yahoo! : m.yahoo.com <– ini juga menawarkan banyak layanan Yahoo!

Beberapa situs (web-based) yang berguna banget dalam memberdayakan wap:

  • WapPal
    neh situs bisa dipakai buat hosting file via web, lalu di-download ke ha-pe via wap (mirip RapidShare, kalau familiar)
  • GetJar
    ini situs untuk mencari software buat ponsel kamu, setelah nemu kodenya, tinggal panggil dari wap ha-pe .. masukin kode, unduh, lalu install

Okey, itu dulu, ntar kalau ada yang lain lagi, bakalan di-update dah list kita yang satu ini.

Posted in pengalaman, tips. Tags: , .

One Response to “Akses WAP via HP”

Re-Post bY : http://nichit.wordpress.com

Tidak ada komentar: