Selasa, 01 Juli 2008

FASTNET (Firs Media) VS SPEEDY (Telkom)

Fastnet dan Telkom Speedy
Baru-baru ini fastnet (yang dulu nya kabelvision) ngeluncurin produk internet brodband yang menurut gw paling murah untuk saat ini. Ini pertanda baik bagi per-internet-an Indonesia. Karena emang internet merupakan salah satu pintu gerbang transportasi informasi yang sangat berguna skali, terlepas dari sisi gelap internet yaitu content mature nya. Namun bagi orang tua yang peduli pada anaknya (memberikan akses internet buat pembelajaran tetapi menghindari si anak dari hal negatif internet), semua itu masih mungkin dikontrol melalui fitur parental control. Mau nulis tentang parental control jg tar, tunggu aja beberapa hari lg =)
Kayaknya emang belakangan ini gw lg suka yang namanya speedtest. Setelah sebelumnya gw jajal starone ama esia, sekarang mumpung gw lagi masa transisi antara speedy dan fastnet, jadi pengen lakukan speedtest ama dua2nya, skalian review dikit fastnet ama speedy lah.
Fastnet
Oke, pertama fastnet. Keunggulannya antara lain
1. Semua paket internetnya unlimited, alias gak ada kuota per-kilobyte-an ato waktu (ya iyalah, namanya juga via cable =) ).
2. Untuk paket 768 kbps ke atas, cable modem nya dipinjamin. Fastnet pinjamkan ke gw cable modem motorola sb5101 karena gw ambil paket 768 kbps. Sayangnya, setelah gw cari di internet, gw gak temuin harga pasti modem ini. tapi gw kayaknya si sekitar 600r ato 800 rb an. lumayanlah bisa menghemat segitu. kalo untuk pake internet 512 kbps ke bawah cable modem beli sendiri, ato beli ama fastnet jg bisa.
Modem pinjamin fastnet seperti ini:

3. Internet pake fastnet sampe saat ini ( dah pake 2 mingguan) stabil dan cepet, sesuai dengan paketnya. gw ambil pake 768 kbps, trus gw lakukan speedtest. hasilnya adalah:


gw sering test kecepatan fastnet. hasilnya gak jauh dari 760 kbps buat download ama 120 kbps buat upload.
4. Bisa dengan mudah pindah pake internet 384, 512, 768, 1500, ato 3000 kbps. cukup dengan nelpon saja
5. Naaah, ini nih yang paling dahsyat dari fastnet. Harganya cuyy, murah banget kl dibandingin ama speedy. Kl buat speedy personal unlimited gw harus bayar Rp.750.000, kl pake fastnet dengan paket kecepatan yang sama dengan speedy (384 kbps), kita cuma bayar Rp.99.000. Bahkan itu lebih murah dari pada abodemen speedy paling murah (speedy time-based = Rp.200.000/bln). Emang sih, untuk 3 bulan awal kita diwajibkan mengambil paket cable tv nya seharga Rp.145.000, tapi setelah itu kita boleh berhenti sama skali dari layanan cable tv alias cuma pake internet nya doang, gitu kata bagian marketing nya ama gw.
Kerugian ato kekurangan fastnet:
cuma satu. pake internet nya gak boleh di share . Mereka punya kebijakan one internet for one PC. Pas gw tanya kenapa seperti itu, orang fastnet nya cuma bilang, “maaf, kebijakan perusahaan emang kayak gitu”. Hwaaa.. BeTe banget. Paling gak kasi tau alasan yang kongkrit lah knape kyk gitu. Alasan yang itu sama skali gak masuk akal bagi gw. Ini mah sama aja nama nya memenjarakan hak untuk mendapatkan akses internet a.k.a informasi dan edukasi menurut gw. Karena kan yang nama nya keluarga pasti lebih dari satu orang. Really doesn’t make any sense. Minimal ada suami, istri. trus blom lagi anak. jaman sekarah mah, anak SMU juga cari bahan sekolah banyak pake internet. apalagi kuliah, beehh, banyak bgt cari bahan kuliah diinternet. blom lagi kakek nenek yang mau Yahoo Messenger-an, hehehe, bercanda.
Kalo misalnya lo dah pake fastnet buat satu komputer, trus cabut kabel LAN nya dan di colok ke komputer lainnya, akses ke internet gak bakal nyambung. Jadi internet-an cuma bisa di komputer pertama tadi.
Yah, smogalah, pihak fastnet bisa mempertimbangkan kembali kebijakannya. Demi kebebasan informasi dan edukasi (semoga masih terkontrol dari mature content internet, gw salut sebenernya ama pemerintah cina yang memblok akses internet ke website gituan buat rakyatnya terlepas dari kontroversi nya).
Telkom Speedy
Keunggulannya:
yang salut gw ama speedy (dibanding ama fastnet ni ya), internetnya bisa di share ke semua rumah. Jadi bisa internet-an bareng-bareng, berapa pun komputer ato laptop nya. Mengenai kestabilan ama kecepatannya, speedy ini stabil dan kecepatannya rata-rata nya 330 kbps buat download ama 50 kbps buat upload seperti speedtest dengan speedtest.net dibawah ini.

Kekurangannya:
Masih terlalu mahal harga nya, termasuk kalo dibandingin ama negara tetangga. Kecepatannya juga kurang. Smua paket internet speedy kecepatannya cuma 384 kbps.
Sumber phoe21.wordpress.com
















Perbedaan Tarif Speedy VS FASTNET dari First MEDIA


Fastnet
bandwith modem register bulanan
FastNet 384 up to 384 kbps Not Provided Free Rp 99.000
FastNet 512 up to 512 kbps Not Provided Free Rp 195.000
FastNet 768 up to 768 kbps Provided Free Rp 295.000
FastNet 1500 up to 1500 kbps Provided Free Rp 595.000
FastNet 3000 up to 3000 kbps Provided Free Rp 1.195.000\
fitur :
1.ip private di bawah nat server ifastnet
2. bw sampai 3MB tergantung pesanan
3.port tidak semua open.
Speedy
Paket Layanan Satuan Speedy Office Speedy Warnet Speedy Personal Speedy Professional Speedy Time Based PSB Rp 75.000 75.000 75.000 75.000 75.000
Abonemen Rp 750.000 1.750.000 200.000 400.000 200.000
Kuota - Unlimited Unlimited 1000 MB / bln 3000 MB / bln 50 Jam/bln
Kelebihan Pemakaian - No No Rp 500/MB Rp 500/MB Rp 25/meni
fitur :
1. 1 IP Public (di ip 125.162.*.* )
2. 384/64 upto
3. semua open ( terserah pelanggan ) mau secure or not tergantung pelanggan masing2.
pilihan di tangan kita. pilih mana
Filed under: Berita

Sumber : harrychanputra.wordpress.com
Sumber phoe21.wordpress.com


Tidak ada komentar: