Selasa, 03 Maret 2009

Memperbaiki PC Setelah Kena Virus Gunakan TweakNow

Biasanya komputer yang sudah pernah terkena (terinfeksi) virus, maka beberapa setting Windows di Disable (tidak bisa diaktifkan). Hal ini karena Sistem Registry Windows sudah diubah oleh virus. Sebenarnya bisa saja mengembalikan secara manual, tetapi mungkin sulit ( bagi yang masih awam dengan registry), tidak aman dan lama. Bagaimana cara yang lebih mudah dan aman?

Registry merupakan komponen (File spesial) yang sangat penting bagi Windows, dengan mengubah beberapa bagian registry, kita bisa lebih mengoptimalkan kinerja komputer. Tetapi hal ini seringkali dimanfaatkan virus, dengan mengubah konfigurasi sehingga sering beberapa aplikasi atau setting tidak bisa diakses.

Misalnya beberapa kejadian berikut :

* Task Manager tidak bisa dibuka (Ctrl+Alt+Del), selalu muncul Pesan “Task Manager has been disabled by your administrator”
* Ketika ingin membuka Registry ( di Menu Run ketik Regedit ), muncul pesan “Registry editing has been disabled by your administrator”
* Tidak ada menu Folder Options di Windows Explorer
* Menu Command Prompt tidak ada da tidak bisa dijalankan

Sebagai alternatif mengubah secara manual, banyak freeware yang menyediakan fasilitas ini. Biasanya software-software “tweak” memanfaatkan registry untuk mengoptimalkan kinerja windows. Salah satunya adalah " http://www.tweaknow.com/WinSecret.html" . Freeware ini dapat digunakan untuk Windows XP/XP x64/Vista/Vista x64.

weakNow menyediakan fasilitas untuk mengubah dan mengotimalkan berbagai hal, mencakup :

* Applications ( IE, Outlook, Yahoo Messenger )
* Control Panel
* Desktop
* Miscellaneous
* Network & Internet
* OEM Info, informasi ketika kita klik kanan > Properties di MyComputer
* Special Folders
* Start Menu
* User Accounts
* Windows Core
* Windows Explorer

Hanya saja, untuk versi 1.5 belum menyediakan fasilitas untuk menampilkan Folder Options yang di hidden, padahal virus sering menghilangkan menu ini. Untuk mengembalikan secara manual, bisa di atur setting Registry di lokasi berikut :

User Key: [HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionPoliciesExplorer]
System Key: [HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionPoliciesExplorer]
Name: NoFolderOptions
Type: REG_DWORD (DWORD Value)
Value: (0 = show options, 1 = hide options)

Tools Lainnya

Sebenarnya Microsoft sendiri juga membuat aplikasi kecil untuk mengubah beberapa setting di registry, sehingga beberapa fasilitas tersembunyi dapat dimunculkan, Namanya TweakUI yang tergabung dalam Microsoft PowerToys for Windows XP. Meski tampilannya sederhana dan ukuran hanya sekitar 147 KB, tetapi memberikan fasilitas yang cukup banyak. Downloadnya di sini http://www.microsoft.com/windowsxp/downloads/powertoys/xppowertoys.mspx



ika ingin mengutak-atik registry sendiri, silahkan download : http://ebsoft.web.id/?dl=27 ( File CHM / HTML Help dengan ukuran sekitar 1.15 MB). Tutorial ini memberikan artikel yang melimpah untuk mengedit registry. Tapi silahkan dibaca tutorial awalnya jika, karena jika tidak hati-hati, bisa merusak sistem

Tidak ada komentar: